Dr. Trisiswati Indranarum Sp.KK"EMR dibeberapa poli sangat membantu karena dengan mengisi EMR secara lengkap dokter bisa secara langsung membuka data untuk keperluan penelitian.
Memang ada beberapa poli yang mengatakan bahwa ada kendala seperti fitur yang diperlukan belum ada atau tidak lengkap. Namun selama ini bila hal  tersebut disampaikan maka akan segera ditambahkan sesuai dengan kebutuhan.
Kendala yang lain adalah pada beberapa poli rotasi dokter terlalu cepat sehingga banyak dokter yang bekerja di poli tetapi tidak dapat memasukkan data pasien ke komputer, sehingga untuk mengatasi hal tersebut instalasi Rawat Jalan mengadakan pembekalan cara pengisian EMR 2 (dua) kali setiap bulan yang dipandu oleh PT. Buana.
Saat ini beberapa poli sudah mengisi data resume pasien yang akan Rawat Inap sehingga pasien tidak perlu repot lagi membawa status tetapi hanya membawa satu lembar kertas ke Irna. Dengan demikian akan mengurangi resiko hilangnya status."

 

Kepala Instalasi Rawat Jalan
RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Dr. Trisiswati Indranarum, Sp.KK

 

 

 

Wawancara singkat dengan  PPDS Dr. Neny Herwanto, Sp.KK
 
Q : Apa manfaat atau kegunaan dari EMR di aplikasi Mirsa Buana?

A : Manfaatnya banyak. Lebih terstruktur dan lebih sistematis. Terus dalam input juga lebih jelas mana yang sudah dan mana yang belum. Yang jelas sangat mempersingkat waktu daripada ditulis tangan.

Q : Apa kelebihan dan kekurangan dari sistem manual dan elektronik?
A : Kelebihannya adalah ketika kita butuh data-data penelitian itu akan lebih cepat dibanding manual yang harus membaca satu-persatu. Selain itu ketika kita butuh rekapan pasien atau yang lain, hanya dengan sekali input, saat itu juga langsung keluar record history-nya.

Q : Apakah Dokter pernah menjumpai EMR ini di rumah sakit lain?
A : Belum. Sejauh ini saya belum tau ya… Ya baru disini di Surabaya.

Copyright © 2019 PT Buana Varia Komputama