Pada tanggal 23 Agustus 2014 diadakan workshop INA-CBG'S di hotel La-Grandeur Balikpapan yang dihadiri oleh dokter spesialis dan dokter umum serta jajaran direksi RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo. Sebagai pembicara dan narasumber di acara tersebut adalah Drg. Anna dari RSUP Sanglah Denpasar sekaligus sebagai anggota tim klaim penjamin di Instalasi Penjamin RSUP Sanglah, juga sebagai mantan anggota tetap NCC pusat Kemenkes. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pengisian coding atau kode ICD diagnosa dan tindakan medis yang dilakukan oleh dokter di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo, Balikpapan.

Direktur RSUD dr.Kanujoso Djatiwibowo, Dr.Edy Iskandar Sp.PD memberikan sambutan pembukaan acara pelatihan INA-CBG'SDr. Edy Iskandar Sp.PD selaku Direktur RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo, dalam sambutannya mengajak para perserta pelatihan INA-CBG'S agar melakukan coding diagnosa selengkap-lengkapnya dengan cara yang benar berdasarkan ICD X dan ICD 9 CM. Dr Edy menyampaikan bahwa saat ini RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo sudah menggunakan Sistem Informasi Terpadu yang telah terintegrasi dengan sistem INA-CBGS dan sistem SEP sehingga proses grouping INA-CBG'S dapat lebih mudah dan terintegrasi.

Drg. Anna Satriana selaku narasumber menekankan perlunya kedisilpinan dalam pengisian kode ICD X untuk diagnosa pasien, dan pengisian kode ICD 9 CM untuk tindakan, serta juga kelengkapan berkas pasien / map status. Beberapa kasus banyak ditemukan oleh narasumber, pengisian map status pasien di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo tidak lengkap. Hal ini berdampak terhadap nilai klaim yang tidak optimal.
Pada acara workshop juga dilakukan simulasi kasus, dimana narasumber berinteraksi dengan para dokter sebagai audiens dengan mengambil contoh beberapa kasus di SMF.

Copyright © 2019 PT Buana Varia Komputama