Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja berada di Kabupaten Tangerang dengan Ibukota Tigaraksa merupakan milik dan dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Pemda Kabupaten Tangerang sebagai pemilik Rumah Sakit merencanakan kapasitas 250 tempat tidur, saat ini sudah tersedia sejumlah 104 tempat tidur. RSUD Balaraja dibangun menyesuaikan  kebutuhan lingkup antar kabupaten untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang kian meningkat.
 
Luas lantai gedung RS, ditanah seluas 58.000 meter persegi yang sudah tersedia, direncanakan berkapasitas luas lantai 25.000 meter persegi termasuk selasar dengan kapasitas TT RS sebanyak 250  tempat tidur. Format fisik Rumah Sakit direncanakan dalam bentuk Garden Hospital.
 
Memperhatikan berbagai tuntutan dan perkembangan teknologi Informasi dan telekomunikasi saat ini khususnya dalam pelayanan kesehatan, maka RSUD Balaraja memandang perlu membangun suatu Sistem Informasi yang handal berupa Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS) yang dapat memberikan kontribusi positif bagi pelayanan kesehatan baik front office, back office maupun pendukung lainnya.
 
Sebagai salah satu Rumah Sakit Umum Daerah, RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang yang mulai beroperasi sejak Bulan September Tahun 2011 dengan type Kelas C tentunya sangat membutuhkan tata kelola sistem informasi yang baik dan harus selaras dengan fungsi, visi, misi dan strategi organisasi. Dengan target pada tahun 2017 akan menjadi rumah sakit type B, RSUD Balaraja juga telah memulai berbenah diri dengan memulai pembangunan SIM-RS yang terintegrasi pada tahun 2015 ini. RSUD Balaraja mendambakan adanya sistem komputerisasi yang dapat memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat, akurat, dan terintegrasi dalam pengambilan keputusan.

Foto 4

Foto 5

Sebagai perwujudan komitmen tersebut pada tanggal 3 Agustus 2015, RSUD Balaraja berkerjasama dengan PT. Buana Varia Komputama (BVK) menggelar kick off meeting untuk melaksanakan implementasi SIM-RS yang terintegrasi. Acara ini dihadiri oleh direktur RSUD Balaraja dr. Hj. Rr. Reniati, M.Kes, direksi PT. BVK dan perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai pemilik dan pengelola RSUD Balaraja. Dalam meeting ini dipaparkan gambaran proses implementasi SIM-RS secara global, dan isu-isu yang penting dalam implementasi, seperti migrasi data, kebutuhan hardware dan implementasi front office dan back office sehingga tercapai target pada tahun 2017 menjadi rumah sakit type B. Seluruh pengembangan ini sejalan dengan visi RSUD Balaraja yaitu “menjadi Rumah Sakit yang berkualitas Prima dengan sentuhan Nurani". Serta misi RSUD Balaraja untuk "meningkatkan  kompetensi SDM di segala lini pelayanan, baik pelayanan medis maupun manajemen didukung oleh sarana dan  prasarana yang memadai. Memberikan pelayanan kesehatan individu yang berkualitas, menyenangkan dan santun serta mendukung rencana pembangunan daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Tangerang".

 

Copyright © 2019 PT Buana Varia Komputama