Pada tanggal 13 Oktober 2017, Walikota Samarinda, Syaharie Jaang, melakukan kunjungan ke RS Dirgahayu, dengan disambut tari-tarian dayak. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka Kick Off Sistem Rujukan Balik Berbasis Waktu dan Rujukan Balik Online.

Walikota memberikan sambutan sebelum pelaksanaan peresmian dan potong pita. Beliau mengapresiasi inovasi rujuk balik berbasis waktu yang berkembang dan mulai diaplikasikan di RS Dirgahayu Samarinda.

Potong pita peresmian mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri pasien BPJS dilakukan oleh Walikota Samarinda, Direktur RS Dirgahayu, dan Pastor dari Yayasan Setia Budi Samarinda. Terlaksananya pemotongan pita tersebut menandai dimulainya pengaplikasian Sistem Rujukan Balik Berbasis Waktu dan Rujukan Balik Online.

 Photo Dirgahayu

Walikota langsung melakukan ujicoba Anjungan Pendaftaran Mandiri dengan didampingi oleh pihak RS Dirgahayu dan PT Buana Varia Komputama selaku pengembang aplikasi. Hanya dengan melakukan scan kartu peserta BPJS di anjungan, maka data rujukan BPJS dari Puskesmas akan terbaca di mesin Anjungan untuk selanjutnya dapat diterbitkan SEP (Surat Eligibilitas Peserta). Kemudian pasien bisa langsung ke poliklinik untuk mendapatkan pelayanan.

Istri dari Walikota Samarinda juga turut serta melakukan ujicoba dengan melakukan pendaftaran sebagai pasien umum di Anjungan Pendaftaran Mandiri.

Dengan adanya pengaplikasian Sistem Rujukan Balik menggunakan mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri, pasien akan lebih mudah dan efisien dalam melakukan pendaftaran, baik pasien umum maupun BPJS. Walikota berharap agar dengan adanya Sistem Rujukan Balik Berbasis Waktu dan Rujukan Balik Online, masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang terpantau, dan menjadikan RS Dirgahayu sebagai percontohan untuk rumah sakit lainnya di seluruh Indonesia.

Copyright © 2017 PT Buana Varia Komputama