Overview : Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo - Surabaya

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo sebagai salah satu rumah sakit terbesar di Indonesia merupakan rumah sakit kelas A yang berdiri di atas tanah seluas 163.875 m2 dan luas bangunan 98.121 m2 serta mempunyai kapasitas tempat tidur (TT) 1.449. RSUD Dr. Soetomo tidak hanya untuk melayani pengobatan, melainkan juga sebagai rumah sakit pendidikan, penelitian dan pusat rujukan tertinggi untuk wilayah Timur.


Tantangan : Akses real-time untuk informasi pasien dan respon time dan Peningkatan efisiensi
RSUD Dr. Soetomo melayani lebih dari satu juta pasien per tahun baik rawat jalan, rawat inap dan rawat darurat beserta penunjang-penunjangnya, dimana diperlukan suatu Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) yang mampu mengatur, mencatat, mendokumentasikan, menampilkan informasi dan menganalisis seluruh kegiatan operasional Rumah sakit. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana seluruh kegiatan pada cakupan luas bangunan 98.121 m2 dapat diakses dengan real time, yang selanjutnya dapat meningkatkan respon time layanan dan meningkatkan efisiensi kinerja termasuk sebagai fungsi control dengan accountability yang tinggi.
Hal tersebut diatas harus ditopang oleh infrastruktur sistem informasi yang handal, stabil, secure dan reliable sebagai pondasi Sistem Informasi Rumah Sakit Terintegrasi dengan skala enterprise.



Solusi : Implementasi Structured Cabling System & Hardware yang tepat sebagai pondasi SIRS Terintegrasi


Implementasi Structure Cabling System SIRS Soetomo :

Cabling system
    • Backbone Cabling Infrastructure

Merupakan jalur utama yang menghubungkan dari Ruang Server ke Segmen-segmen utama. Untuk Jaringan utama ini digunakan kabel Fiber Optic multimode 50 micron. Topologi yang akan diimplementasikan menggunakan topologi Full Star dan dibackup menggunakan redundant link antar segmentnya. Total Panjang kabel fiber optik yang diimplementasikan di RSUD Soetomo adalah 17.000 Meter.

    • Horizontal Cabling Subsystem

Merupakan sistem distribusi dari horizontal cross connect (segmentasi) ke outlet atau konektor. Kabel yang digunakan adalah Kabel UTP Cat 5e. Kabel tersebut dapat menghantarkan data dengan kecepatan antara 100 Mega Byte per Second sampai 1000 Mega Byte per Second.

    • Work Area Subsystem

Merupakan perpanjangan dari outlet/connector ujung dari horizontal cabling system ke alat-alat workstation seperti PC atau Printer. Work Area Subsystem terdiri dari Modular Jack RJ.45, Mounting Faceplate dan Patch Cord.

    • Pathway

Merupakan jalur kabel baik untuk backbone kabel maupun untuk horizontal kabel subsystem.

    • Sistem Rack

Rack sistem digunakan untuk managemen penempatan terminasi sistem pengkabelan dan penempatan server maupun switch. Sistem rack ini sebagai representative segmentasi jaringan dimana terdapat 47 segment untuk menjangkau seluruh Work Area Subsystem sebagai representative layanan-layanan di RSUD. Dr. Soetomo.

    • Telah terinstall 1300 titik structured distribution network untuk memenuhi kebutuhan sebaran layanan baik saat ini dan akan datang.
 
Switching
Jaringan di Rumah Sakit menggunakan teknologi  high-speed multilayer network switches untuk menyediakan interkoneksi antara server-server (farm server), user-user dan interkoneksi antara user dan server. Arsitektur jaringannya  terdiri dari  switch-switch dengan servis intelligent jaringan yang tinggi seperti performa, keamanan, availabilitas dan skalabilitas yang tinggi.Digunakan Core switch layer 7 sebagai backbone switch untuk mendukung kebutuhan performa yang tinggi, redundancy, failover system dan kemudahan akan pengembangan baik scale up maupun scale out. Pada distribution switch digunakan switch layer 3 dengan interkoneksi ke backbone switch via Fiber optic dengan kecepatan 1 GB dan ketersediaan 20 port 10/100/1000 Mbps akan menggaransi reliability dan availabilitas jaringan. Setting VLAN, ACL, dan mac address filtering akan memberi keamanan pada jaringan tersebut.
 
 
Sistem Pentanahan (Grounding)
Untuk melindungi alat jaringan dan server dari serangan petir dan kebocoran listrik diperlukan sistem pentanahan yang baik. Standarisasi untuk grounding yang baik untuk peralatan jaringan dan server adalah kurang dari 1 Ohm. Telah terpasang 15 system grounding untuk memenuhi kebutuhan 47 segment jaringan di RSUD. Dr. Soetomo.
 
 
Topologi Jaringan
Desain arsitektur dengan topologi jaringan star menjamin seluruh luasan RSUD Soetomo tercover dan di backup menggunakan topologi ring untuk menjamin redundancy link.
 
Layout RSUD Dr. Soetomo
 
 

Implementasi Perangkat Keras (hardware) yang tepat untuk mendukung SIRS

Enterprise Server
    • Performance : Dapat mendukung kebutuhan system yang akan diaplikasikan dan memenuhi kebutuhan klient
    • High availability : Memenuhi kebutuhan redundancy dan fail over sehingga tercipta zero downtime
    • Scalable : Dapat dilakukan upgrade dengan mudah baik performa maupun layanannya
    • Menggunakan multiple server enterprise yang saling mendukung dan saling dapat menggantikan satu sama lain.
    • Spesifikasi :
      •  Multiple Processor
      •  Redundancy Storage (RAID tolerance) dengan kapasitas besar
      •  Kebutuhan memory yang besar
      •  Redundancy Network Interface Card
      •  Redundancy Power Supply
      •  Menggunakan Operating System yang mendukung Mesin server, Data Base System dan Aplikasi menjadi kesatuan yang bersinergi tinggi
    • Replikasi : Bahwa data base pada server utama dilakukan replikasi real time ke server back up sehingga databasenya akan selalu sama. Bila terjadi pergantian server maka downtime  dapat diminimalkan.
    • Data Backup : Dilakukan Backup data base dengan media tape yang dapat disimpan ke tempat lain. Mekanisme backup melalui backup harian, bulanan dan tahunan. Data Backup digunakan sebagai backup bila terjadi kerusakan atau bahkan bencana di RS.
    • Data Recovery Planning /Data Recovery Center : Dilakukan replikasi data base seperti halnya replikasi di data center antara server utama ke server backup. Dalam hal ini server Backup berada di Kantor Pusat PT. BVK. Interkoneksi antara Data Center yang ada di RSUD. Dr. Soetomo dengan PT. BVK menggunakan link IPVPN sebesar 2 Mbps.
 
PC
Merupakan alat gerbang utama masuknya data. Diperlukan PC yang handal dan sesuai dengan kebutuhan baik oleh sipengguna maupun oleh aplikasi / software yang akan dijalankan.
 
Printer Dot Matrik
Printer ini diperuntukkan untuk melakukan pencetakan yang berkesinambungan dengan output multi-part form. Printer ini untuk mencetak laporan, kwitansi, bukti dan lain sebagainya.Printer yang dipakai adalah LX-300 plus II dan LQ-2190
 
Printer Kartu
Printer kartu ini digunakan untuk mencetak kartu pasien
 
Printer Label
Setiap berkas pasien akan diberikan label untuk kemudahan, keamanan, menghindari saling tertukar dan juga upaya patient safety
 
Barcode Scanner
Untuk  membaca label setiap berkas diperlukan Barcode Scanner
 
UPS
Untuk menjaga keberlangsungan operasional terhadap perpindahan dari PLN ke Genset maka perlu Uninterupted Power Supply.
 
Tape Backup
Semua data yang ada di server harus diakukan backup daily, weekly dan monthly
 
 
Manfaat :
Solusi yang diterapkan di RSUD. Dr. Soetomo memberi kemampuan SIRS terintegrasi baik front office dan back office berjalan dengan baik pada cakupan luas bangunan 98.121 m2.
Aplikasi kegiatan di rawat inap, rawat jalan, rawat darurat beserta penunjangnya, laboratorium, radiologi, farmasi, akuntansi, inventory, rekam medis, mobilisasi dana, CRM, Kepegawaian  dan laporan-laporannya dapat  terintegrasi pada Single Enterprise Data Base Server.  
Manfaat utama yang saat ini dirasakan adalah kemampuan compatibility dan interkoneksi dengan pihak lain seperti Laboratory Information System (LIS), Radiology Information System (RIS), Picture Archiving and Communication System (PACS) dan Bridging dengan Bank maupun lembaga penyelenggara jaminan sosial atau kesehatan.
Sejak instalasinya di RSUD Dr. Soetomo, solusi ini telah menopang milyaran transaksi dan telah beroperasi pada 99,9% uptime dengan operation mode 24 X 7 x 365.
 
Copyright © 2020 PT Buana Varia Komputama