15 Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Kesehatan Jantung

By : admin buana
Posted : 387 hari yang lalu

“Buah tinggi kalium, lemak sehat, serat, dan antioksidan bagus untuk kesehatan jantung. Contohnya, alpukat, pisang, apel, kiwi, jeruk, dan lain-lainnya. Cari tahu macam-macam buah yang dapat menyehatkan jantung.”

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu perlu menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah yang bagus untuk jantung. Kandungan mineral dan antioksidan dalam buah mampu melindungi jantung dari kerusakan. Ketahui macam-macam buah yang baik untuk jantung.

Buah yang bagus untuk kesehatan jantung

Buah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menjadi makanan yang baik untuk jantung. Agar nutrisinya terserap maksimal, konsumsi buah segar atau jus tanpa tambahan pemanis secara rutin.
Berikut adalah jenis buah yang bisa kamu coba untuk menurunkan risiko penyakit jantung:

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang bagus untuk jantung. Buah berdaging lembut ini kaya akan asam oleat, yaitu jenis asam lemak tak jenuh tunggal. Asam oleat dikenal dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama di jantung. Alpukat juga mengandung tambahan vitamin dan fitokimia yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk melindungi jantung serta berbagai organ tubuh lainnya. Ditambah dengan kandungan kalium, nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Bahkan, buah ini juga termasuk sebagai salah satu makanan yang bisa membersihkan pembuluh darah. Kamu juga bisa menggunakan minyak alpukat sebagai alternatif minyak masak yang lebih aman dan sehat. Pasalnya, lemak dalam minyak alpukat tahan terhadap oksidasi yang disebabkan oleh panas.

2. Pisang

Pisang juga menyehatkan untuk jantung Kamu juga bisa mengonsumsi pisang, karena termasuk sebagai buah yang baik untuk kesehatan jantung. Pisang mengandung kalium yang bisa mencegah penyakit jantung, karena mampu mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah jantung. Mengonsumsi satu buah pisang sudah memenuhi 9% rekomendasi asupan harian kalium. Selain itu, pisang juga kaya akan serat. Pasalnya, menjaga asupan serat harian bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Terlebih lagi, serat juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Buah beri

Kelompok buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry juga bagus untuk kesehatan jantung. Buah beri mengandung zat antioksidan tinggi, seperti antosianin yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan juga peradangan. Keduanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Contohnya, suatu penelitian pada 33 orang dewasa yang mengalami obesitas. Mereka mengonsumsi setengah porsi stroberi selama 4 minggu. Hasilnya, kadar kolesterol dan gula darah jadi lebih seimbang.

4. Apel

Apel dipercaya sebagai buah yang bagus untuk jantung, karena mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat ini bisa didapatkan karena apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Apel juga mengandung polifenol (zat kimia pada tumbuhan) yang memiliki efek antioksidan. Dibanding daging buahnya, kulit apel memilliki kadar polifenol yang lebih tinggi. Itulah sebabnya, kamu disarankan untuk mengonsumsi apel beserta kulitnya. Salah satu jenis polifenol yang terkandung dalam apel adalah flavonoid epicatechin, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta mengurangi kadar oksidasi LDL (kolesterol jahat).

5. Tomat

Tomat juga termasuk buah yang bagus untuk menyehatkan jantung. Pasalnya, tomat mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen adalah senyawa antioksidan yang memberikan warna. Dalam suatu penelitian, mengonsumsi tomat lebih dari lima kali dalam seminggu, dalam kurun waktu 11 tahun bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebanyak 26%. Cara mengonsumsi terbaik adalah memasak tomat, karena proses pemanasan memungkinkan likopen terserap dengan baik ke dalam tubuh.

6. Pepaya

Pepaya adalah buah yang baik untuk kesehatan jantung, karena mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, dan juga tinggi antioksidan. Apalagi, kandungan kalium dalam pepaya bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung dan melebarkan pembuluh darah. Fungsinya adalah menjaga sirkulasi darah dalam tubuh. Mengonsumsi pepaya secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, serangan jantung, dan gagal jantung.

7. Jeruk

Jeruk adalah sumber serat dan kalium, sehingga termasuk buah yang bagus untuk menyehatkan jantung. Satu cangkir jus jeruk dapat menyediakan 14% kebutuhan kalium harian orang dewasa. Dalam ulasan tahun 2017, dijelaskan kalau mengonsumsi cukup serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan komplikasi lainnya. Alasannya, karena kandungan serat dalam jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mencegah aritmia.

8. Kiwi

Studi menunjukkan bahwa kiwi juga termasuk buah yang baik untuk kesehatan jantung. Ini adalah buah yang bisa mengurangi faktor penyebab penyakit janutng termasuk hipertensi. Dalam studi tahun 2012 pada 102 pria perokok, peneliti meminta peserta makan tiga buah kiwi per hari selama 8 minggu. Hasilnya, peserta mengalami penurunan tekanan darah dan penurunan penggumpalan trombosit, sehingga tidak terjadi aterosklerosis. Kiwi juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

9. Ceri

Buah ceri terkenal dengan aromanya yang manis dan rasanya enak. Tidak hanya menarik dijadikan taburan atau hiasan kue, buah ceri juga kaya dengan antosianin. Antosianin adalah jenis zat antioksidan yang diyakini dapat membantu melindungi pembuluh darah dan menjaga kesehatan jantung. Antosianin dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan memperbaiki disfungsi endotel (pelapis pembuluh darah), menurunkan kolesterol jahat (LDL), mengurangi peradangan, serta mengurangi aktivasi trombosit.

10. Pir

Buah pir memiliki kandungan serat tinggi yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Serat telah diketahui bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung karena zat ini akan mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat serat pada buah pir, sebaiknya makan lah buah pir dengan kulitnya. Kami juga dapat mengonsumsi buah pir yang baik untuk jantung dengan cara direbus atau dipanggang.

11. Delima

Buah delima atau pomegranate juga termasuk jenis buah yang baik untuk jantung, karena mengandung asam ellagic untuk membantu memblokir penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Buah delima juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Perlu diperhatikan bahwa buah atau jus delima dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat kolesterol. Karena itu, sebelum mengonsumsinya, konsultasikan hal tersebut pada dokter yang meresepkan obat.

12. Aprikot

Buah kecil berwarna orange ini, mengandung antioksidan, seperti flavonoid, beta karoten, vitamin A, C, dan E. Flavonoid pada aprikot, datang dalam bentuk asam klorogenat, katekin, dan kuersetin. Komponen inilah yang menetralkan radikal bebas, sehingga penyakit jantung, dapat dihindari. Sebagai buah yang bagus untuk kesehatan jantung, aprikot kadar airnya cukup tinggi sehingga yang bermanfaat menjaga keseimbangan tekanan darah dan detak jantung normal.

13. Persik

Buah persik bisa mengikat asam empedu (senyawa yang diproduksi di hati dan terdiri dari kolesterol), kemudian membuangnya, melalui kotoran (feses). Bersamaan dengan itu, kolesterol juga dikeluarkan dari tubuh. Tidak heran, buah persik dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mekanisme ini sangat baik untuk para pengidap penyakit jantung yang disebabkan kolesterol tinggi. Ini juga membuat buah persik menjadi salah satu buah yang baik untuk menyehatkan jantung. Studi tambahan yang dilakukan pada hewan menunjukkan, buah persik bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), serta menurunkan tekanan darah dan trigliserida. Penelitian pun dilakukan pada tikus dengan kelebihan berat badan. Hasilnya, buah persik terbukti mengurangi hormon angiotensin II, yang dikenal mampu meningkatkan tekanan darah.

14. Plum

Mengonsumsi buah plum secara teratur juga bagus untuk kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang tinggi pada buah plum dapat membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol, faktor penyebab penyakit jantung. Ada studi yang menemukan bawha pria dengan kondisi kolesterol tinggi memiliki kadar koelsterol LDL yang lebih rendah setelah mengonsumsi 12 buah plum setiap hari selama delapan minggu.

15. Melon jingga

Melon jingga atau cantaloupe, mengandung banyak air. Ketika mengonsumsi buah yang baik untuk kesehatan jantung ini, tubuh akan terhidrasi serta meringankan kinerja jantung. Buah tinggi tinggi serat ini juga membantu menurunkan risiko serangan jantung dan diabetes.