Ini Deretan Manfaat dari SIMRS Buatan PT Buana Varia Komputama

By : admin buana
Posted : 12 September 2023

Jakarta - Penggunaan teknologi digital dan elektronik dalam sektor pelayanan kesehatan masyarakat tampaknya sudah menjadi keharusan di era digital seperti sekarang ini. Integrasi data, kecepatan akses, dan ketepatan ketersediaan barang serta jasa tentu menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dari operasional para penyedia jasa pelayanan kesehatan.
Para penyedia jasa pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, hingga dokter praktik mandiri, telah mengadopsi berbagai teknologi untuk mengoptimalkan operasional mereka. Hal ini tidak hanya mempermudah proses pelayanan, tetapi juga berpotensi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam memberikan perawatan kepada masyarakat.

Atas dasar kebutuhan itu, PT Buana Varia Komputama membuat serta mengembangkan Aplikasi Ecalyptus® dan MIRSA® yang dibuat untuk memberi kemudahan akses untuk Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), yang di dalamnya melingkupi banyak hal, mulai dari integrasi data pasien, ketersediaan obat-obatan, dan kegiatan operasional.

RSUD Leuwiliang, sejak 2019 sudah menjadi mitra PT Buana Varia Komputama merasa bahwa dengan hadirnya aplikasi ini sangat membantu dalam hal operasional rumah sakit sampai dengan memonitoring baik ketersediaan maupun pengadaan obat.

EMR Ecalyptus® saat ini sudah terhubung ke platform-platform kesehatan dari Kementrian Kesehatan, dalam hal ini Aplikasi Satu Sehat, BSSN (untuk TTE), ICare (Untuk I-Care JKN). Sementara Aplikasi MIRSA® dinilai mampu memudahkan berbagai kebutuhan operasional RSUD Leuwiliang.

"EMR Ecalyptus PT Buana Varia Komputama sudah memfasilitasi Instalasi Farmasi mulai dari rekonsiliasi obat, telaah obat hingga ke tahapan MESO ( Monitoring Efek Samping Obat). Untuk aplikasi Mirsa sudah terintegrasi dengan semua unit pelayanan di rumah sakit baik registrasi, pelayanan IGD, rawat inap, rawat jalan, farmasi, laboratorium, radiologi, bank darah, mortuari hingga back office," ungkap Kepala Instalasi Farmasi RSUD Leuwiliang, Rira Noviarianti, S.Farm, Apt.

 

RSUD Leuwiliang Menjadi Referensi

 

Pada Selasa 29 Agustus 2023, Rumah Sakit Salak Bogor mengadakan kunjungan studi banding ke RSUD Leuwiliang dengan bertujuan ingin mempelajari lebih jauh terkait dengan layanan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang digunakan di rumah sakit tersebut

Direktur RSUD Leuwiliang dr. Vitrie Winastri, S.H, M.A.R.S mengatakan, bahwa sejak tahun 2019 SIMRS sudah berjalan dengan baik di rumah sakit ini.

"Penggunaan Sistem Manajemen Informasi Rumah Sakit (SIMRS) di RSUD Leuwiliang sudah digunakan sejak tahun 2019 dan sudah berjalan semua modul di seluruh pelayanan Rumah Sakit," ungkapnya.

Sementara dari RS Salak Bogor, menyampaikan dengan adanya studi banding ini diharapkan mampu menambah pengetahuan serta pengalaman dalam penerapan SIMRS.

"Tujuan Kunjungan dari RS Salak Bogor ke RSUD Leuwiliang untuk belajar, berbagi pengalaman terkait implementasi SIMRS dan manajemen Logistik Farmasi," ungkap perwakilan dari RS Salak Bogor, Kapt.CKM. dr. Romy Ade Putra, Sp.Og.

PT Buana Varia Komputama merupakan salah satu pelopor perusahaan TI dalam bidang kesehatan yang unggul dan terpercaya di Indonesia, dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dan puluhan klien yang tersebar di seluruh Indonesia.