Inovasi Digitalisasi Layanan Kesehatan dari PT Buana Varia Komputama

By : admin buana
Posted : 12 September 2023

Jakarta - Transformasi digital di dunia pelayanan kesehatan saat ini berjalan dengan cepat. Kementerian Kesehatan dalam hal ini pun mendukung serta mendorong para penyedia jasa pelayanan kesehatan untuk selalu mengembangkan inovasi di era digital.

PT Buana Varia Komputama sebagai salah satu pelopor perusahaan IT dalam bidang kesehatan telah menciptakan serta mengembangkan dua aplikasi yang memiliki ragam manfaat dalam penerapan Sistem Manajemen Informasi Rumah Sakit (SIMRS).

Kedua aplikasi tersebut adalah Ecalyptus® dan MIRSA® yang di dalamnya terdapat berbagai fitur di antaranya adalah tanda tangan elektronik yang diterapkan ke dalam Rekam Medis Elektronik (EMR)

Salah satu yang telah menggunakan layanan ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang. Direktur Utama RSUD Leuwiliang, dr. Vitrie Winastri, S.H, M.A.R.S, mengatakan penerapan tanda tangan elektronik ini merupakan penerapan langkah digitalisasi yang diambil oleh pihaknya.

"Penerapan tanda tangan elektronik adalah salah satu bagian atau sub sistem dalam digitalisasi sistem informasi manajemen rumah sakit, yang mana di RSUD Leuwiliang berjalan aplikasi MIRSAdan EMR Ecalyptus," ungkapnya, dalam keterangan tertulis (31/8/2023).

Lebih lanjut, ia juga mengatakan kedua aplikasi buatan PT Buana Varia Komputama ini sangat membantu dalam peningkatan mutu operasional rumah sakit "Digitalisasi SIMRS dengan Aplikasi Mirsa dan Ecalyptus sangat berperan penting dalam peningkatan mutu pelayanan RS," imbuhnya.

 

Studi Banding Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

 

Berjalannya penerapan digitalisasi dalam operasional pelayanan kesehatan di atas menjadikan RSUD Leuwiliangsebagai percontohan bagi pelaku industri pelayanan kesehatan sekitar. Salah satu yang mengaku tertarik untuk mengadopsi serta mengenal lebih jauh adalah Rumah Sakit Melania Kota Bogor.

Direktur Utama Rumah Sakit Melania, dr. Oktavia Nurdiani M.Kes menyampaikan pihaknya tertarik melihat kemudahan serta manfaat dari aplikasi Ecalyptus® dan MIRSA®

"Pendapat saya setelah melihat aplikasi Ecalyptus ini lebih simple dan inovatif ya, luar biasa inovasi yang diberikan, sistemnya itu juga mempermudah untuk user, sangat user friendly dan kalaupun ada kendala atau masukan ini bisa dengan mudah dilakukan improvisasi sesuai kebutuhan," ungkapnya.

Berbagai respons positif dari para penyedia jasa pelayanan kesehatan tersebut membuktikan bahwa saat ini era digitalisasi sistem manajemen rumah sakit memang sudah menjadi sebuah kebutuhan. PT Buana Varia Komputama yang sudah lebih dari satu dekade berkecimpung di industri ini berkomitmen untuk tetap memberikan layanan terbaik karena kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas.