RSUD Bayu Asih Purwakarta Launching Penggunaan Rekam Medis Elektronik

By : admin buana
Posted : 19 September 2023

Rekam medik merupakan data penting dari seorang pasien karena didalamnya terlampir riwayat penyakit maupun pengobatan pasien tersebut. Saat ini penggunaan rekam medik sudah beralih dari pencatatan secara konvensional ke platform digital, guna memudahkan baik pihak rumah sakit maupun pasien untuk mengetahui riwayat kesehatan. 
Kementerian Kesehatan melalui PERMENKES No. 24 Tahun 2022 pun telah mengamanatkan bahwa per tanggal 31 Desember 2023 Faskes wajib melakukan migrasi ke rekam medis elektronik. 
Pada Senin 18 September 2023 RSUD Bayu Asih Purwakarta mengadakan acara launching Rekam Medis Elektronik (RME) Tahap 1 Instalasi Gawat Darurat (IGD) - Instalasi Rawat Inap (IRNA). 
Acara launching yang diresmikan langsung oleh Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika, S.E ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan layanan RSUD Bayu Asih Purwakarta dalam memberikan apresiasinya terkait langkah migrasi ini.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga terhadap Plt. Direktur serta jajaran manajemen RSUD Bayu Asih dalam komitmennya melaksanakan penerapan Rekam Medis Elektronik sesuai regulasi yang berlaku” ungkapnya. 
Selain itu Bupati Purwakarta juga berharap penggunaan RME ini bisa mendorong mutu serta kualitas layanan RSUD Bayu Asih kepada masyarakat. 
“Ini harus menjadi pendorong kaitannya dengan mutu dan pelayanan RSUD Bayu Asih kepada masyarakat, saya yakin dengan adanya Rekam Medis Elektronik ini hal tersebut bisa diwujudkan. Apalagi setelah melihat aplikasinya tadi prosesnya begitu cepat dan efektif, bagian apotek bisa menerima resep obat secara cepat dalam hitungan detik setelah resep diberikan oleh dokter di ruangan” katanya. 
Sementara itu dr. Deni Darmawan, MARS Plt. Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta mengungkapkan bahwa RME merupakan faktor penting yang bisa meningkatkan layanan bagi masyarakat. 
“Rekam Medis Elektronik sangat menunjang bagi sebuah rumah sakit, pengajuan klaim dan menyimpan sebuah data yang masuk sudah terdata dengan baik.” ungkapnya.

Saat ini RSUD Banyu Asih Purwakarta telah mempercayakan penggunaan layanan rekam medis elektroniknya dengan menggunakan aplikasi yang dibuat oleh PT Buana Varia Komputama yang diberi nama Ecalyptus® 
Ecalyptus® adalah aplikasi Rekam Medik Elektronik yang mengikuti standar akreditasi dan Permenkes yang berlaku saat ini dengan arsitektur multi-platform menggunakan micro-services yang dapat digunakan oleh Profesional Pemberi Asuhan (PPA) di Rumah Sakit melalui komputer ataupun smart devices untuk merekam pelayanan yang diberikan terhadap Pasien secara terintegrasi. 
dr. Tri Muhammad Hani, MARS, Ketua Tim Adhoc Persiapan Migrasi RME RSUD Bayu Asih Purwakarta mengatakan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan adanya platform buatan PT Buana Varia Komputama ini. 
“Alhamdulilah juga kami bekerja sama dengan vendor yang telah memiliki sertifikat dan perizinan sebagai Penyedia Sistem Elektronik yang berdasarkan UU ITE harus dimiliki karena menyangkut jaminan keamanan dan kerahasiaan data elektronik, apalagi menyangkut data-data kesehatan pasien” katanya. 
PT Buana Varia Komputama merupakan perusahaan tekhnologi informasi kesehatan yang telah berpengalaman lebih dari 25 tahun dengan puluhan klien yang tersebar di seluruh Indonesia.